Saturday, January 21, 2012

Short yet Huge Journey to Semeru (Part 2)

Ngiik, kami turun dari kereta api yang uda membawa kami dari Jakarta sekitar 17 jam.
Uda banyak yang turun sebelum stasiun Malang, jadi stasiun ga begitu rame pas kita turun dari kereta. Ada sekumpulan anak TK pake baju olah raga sama guru-gurunya, kayaknya Study Tour deh. Wajahnya seneng-seneng banget, gua jadi senyum-senyum inget masa kecil. Kayaknya indah banget ya, gaada beban, gaada masalah yang lebih besar daripada ucapan “Ga temen lho”. Gaada yang namanya stress mikirin nilai. Gaada galau-galau. Belom ada jartel. HP aja belom punya. Yang cita-citanya terserah kita, jadi detektif lah, astronaut lah, ninja lah, pokoknya yang aneh-aneh dan semua itu dianggalp wajar. Uang jajan yang ga lebih dari 3 ribu tapi ga pernah kekurangan. Sekolah yang ga sampe setengah hari. Bener-bener bikin kangen.

Kami istirahat bentar, sambil nyari toilet dan habis itu numpang buang air sama cuci muka. Ngangkat carrier dari kereta ke peron aja rasanya berat banget, masih belom biasa.
Setelah berdebat mau naik apa, kita putusin buat nyarter angkot. Tapi kita bingung, kita masih baru di Malang. Gatau harga yang lumrah sampe ke tempat registrasi di Tumpang.
Eja terus masuk ke kepala stasiun, gua bingung juga dia ngapain. Gua, PB, Aris nunggu di bangku peron, laper, ga makan berat dari semalem. Habis itu Eja keluar dan ke tempat taksi & angkot. Beberapa lama Eja balik, sambil ngomong “Ayok, dapet nih sampe Tumpang dianter pake Espass gitu, bayarnya 90rb”. Semuanya langsung bangun, ngangkat carrier, trus jalan ke mobil itu. Eja duduk di depan. Sisanya bertiga di tengah.

PB nurunin jendela, Aris juga mau nurunin tapi bingung, trus gua tunjukkin

Gua: Mobil gua jaman dulu kayak gini, dulu mantep banget
PB: Iya, dulu mobil gua juga Espass. Uda kayak Alphard. Tapi dulu.

Dan gua mikir, gimana ya mobil-mobil masa depan, bakal tambah fitur apa lagi? Yaa liat aja deh ntarnya.

Beberapa percakapan sempet terjadi sama pak supir, gua ga inget-inget banget, jadi gua tulisin aja beberapa yang dia bicarain


“Orang Jakarta pingin ke Malang pingin tau Semeru itu gimana, uda biasa sama Ancol. Orang Malang pingin ke Jakarta pingin tau Ancol gimana, uda biasa sama Semeru. Itulah dunia”
“Jangan sombong di sana, kalian kan baru. Jadi hati-hati. Kalo orang yang uda biasa kan lebih bisa kira-kira”
“Bahaya atau engga sebenernya tergantung kalian”
“Pokoknya kalian jangan maksa, kalo kira-kira ga memungkinkan, ya ga usah muncak”

Yaah sebenernya cukup banyak, sayang gak gua inget baik-baik.


Gaada sejam, sekitar jam 10an, kami uda nyampe tempat registrasi. Pas turun ada bapak-bapak naik motor nanya.
Bpk: Mas, mau daki ya? Mau naik apa ke Ranupani nya?
Kami: Belom tau mas. Antara Jeep sama Truk sayur. (Menurut info yang kahi dapet sebelumnya, harga sewa Jeep sekali jalan 450rb max 15 orang. Kalo ada barengan bisa 30rb/orang dan sekarang masalahnya lagi sepi. Truk sayur 30rb/orang, tapi adanya subuh)
Bpk: Wah kalo truk sayur uda gaada jam segini. Mau jeep aja?
Kami: Yauda, liat ntar deh pak.
Bpk: Tunggu ya *sambil ngegas motornya*

Kami masuk ke tempat pendaftarannya. Kayak rumah dinas gitu, motor-motor yang parkir motor kopling semua. Mungkin karena di daerah yang tanjakannya agak gila.



Eja yang ngurus administrasinya. Di sana kami numpang ngecharge HP juga, lumayan lah walau bentar.
Ga lama Eja keluar dari ruang pendaftarannya. Ada masalah.

Eja: Aduh, ga boleh pake Akte Kelahiran sama KK nih identitasnya (Eja belom 17 tahun, jadi belom punya KTP dan Kartu Pelajarnya Eja ilang, jadilah dia ga punya kartu identitas. PB sama Aris pake KTP, gua pake SIM C yang dulu masih boleh 16 tahun. Tentunya semuanya fotocopyan)
Gua: Elo beneran gaada kartu identitas sama sekali?
PB: Kartu les gitu? Kayak gini *nunjukin kartu les bahasa inggrisnya*
Gua: Emang bisa?
PB: Bisa kayaknya.
Eja: Gaada sama sekali.
PB: Aduh gimana ya.

Kita sampe ngerencanain mau fotocopy simnya PB terus diedit fotonya. Tapi masih bingung mau ngedit dimana. Kita ga liat warnet sama sekali di deket situ.

Tiba-tiba petugas administrasinya keluar. Terus dia ngomong “Mas, gapapa deh tadi pake KK sama Akte”

Eja: Peb, lo aja yang ngurus, gua uda terlanjur ga enak.
Jadilah PB sama Aris yang ngurus ke dalem.
Gua diluar ngeliatin mading-mading pengumuman & peraturan. Di peraturan, pendakian cuma boleh sampe kalimati. Di syarat pendaftaran pendakian juga ditulis harus menandatangani surat pernyataan hanya sampai Kalimati.

Tapi dari awal tujuan kami satu, tekad kami ga berubah dan selama Tuhan memberi jalan, Puncak!

PB sama Aris akhirnya keluar.
PB: Ahelo ris, kenapa ga elo aja pemimpin pendakiannya?
Aris: Ahaha males.
PB: Gua ga enak tau. Kan pemimpin pendakiannya ditulis identitasnya. Gua pake KTP yang lahirnya taun 92. Gua ditanyain “Pelajar mas? Tua banget”
Aris: Ahaha. Gapapa lah Peb

Habis itu bapak-bapak yang tadi dateng lagi buat mastiin jadi make jeep apa engga. Katanya berempat masing-masing 50rb. Terus Eja nego sama dia.

Gua ngomong ke PB, “Kalo 40rb seorang sih gua mau. Kalo lo gimana peb?”. “Kalo 40rb gapapa dah” katanya.

Eja selesai nego. Katanya 150rb buat 4 orang, langsung aja kami iya-in. Habis itu mas-masnya pergi. Katanya ntar bareng 3 orang pendaki lainnya. Dijemput dulu.


Ga begitu lama, jeepnya dateng. Kami langsung siap-siap. Carrier kami diikat di atas Jeep. Kai pun naik ke atas jeep, 3 orang yang naik sebelumnya uda duduk. Aris juga duduk, gua milih berdiri sama Eja & PB.
3 orang itu 2 cowok 1 cewek. Gua lupa namanya :'(
Kasih nama cwoj1, cwoj2, cwej ya? J nya tuh jeep ehehe. Tapi yang paling sering ngomong yang cwoj1.

Cwoj1: Mau naik mas? Dari mana?
Kami: *lupa detailnya yang jawab siapa* Iya mas, dari Jakarta. Mas juga mau naik?
Cwoj1: Iya, saya juga mau naik. Dari Jogja. Ke Malang naik apa?
Kami: Naik kereta mas.
Cwoj1: Kalo saya naik bus. Kan deket.
Kami: Uda berapa kali naik semeru mas?
Cwoj1: Ini yang kedua. Tapi belom pernah sampe puncak.
Kami: Sampe mana mas? Kalimati?
Cwoj1: Iya.
Kami: Sekarang mau sampe puncak mas?
Cwoj1: Engga mas, saya malah makin mundur. Cuma ke Ranukumbolo. Uda makin tua haha. *wajahnya sih 35 tahunan ke atas*
Kami: Gimana mas medannya?
Cwoj1: Enak kok, uda keliatan jalannya.

Pemandangannya ga nahan. Jalan yang kami lewati diapit jurang dan tanah yang tinggi. Di seberang jurang keliatan pohon-pohon sama sawah punya warga. Sekali-sekali ada ranting pohon yang lewat diatas jeep kami. Baru nyampe sini aja pemandangannya uda kelewat bagus. Bener-bener ga kebayang gimana selanjutnya.
Jalannya nanjak banget, uda gitu jauh lagi. Untung ga jadi jalan kaki. Belom mulai pendakian uda capek kayaknya kalo jadi. Herannya kami ngeliat ada orang bawa karung dari atas ke bawah, kayaknya sih warga, tapi heran aja jalan kaki bawa beban lewat jalan yang extrim & ditempuh pake jeep kurang lebih sejam.

Pas ditengah-tengah perjalanan tiba-tiba jeep berenti. Trus ada orang naik ke jeep, gelantungan di belakang, di besi pegangan jeepnya. “Numpang ya mas, ini temen saya maksain make motor, gakuat jadinya” katanya sambil senyum.
Jeepnya jalan, habis itu temennya ngikutin dari belakang. Sekali-sekali dia turun buat dorong motornya kalo misalnya tanjakannya lagi parah.

Orang tadi ngomong lagi “Dari mana aja ini?” Gua jawab ”Dari Jakarta sama Jogja mas”. “Kenalan dong, saya arif” *sambil salaman ke semuanya satu-satu*

Kami: “Masuk aja mas, daripada di situ. Mas dari mana?”
Arif: “Gausah, di sini aja. Saya dari Singosari, deket sama Malang”
Kami: “Mau naik mas?”
Arif: “Engga, mau metain daerah sini aja” *jawabnya selalu pake senyum, bener-bener enak ngomongnya*
Gua: “Dari mana mas? Perusahaan? Atau universitas?”
Arif: “Ga, ga ngewakilin instansi apapun. Saya berdua ke sini atas nama rakyat, kebetulan daerah sini belom dipetain. Itu temen saya ngeyel mau pake motor. Jadi gakuat. Tapi Allah itu emang Maha Adil, begitu motornya berenti ga kuat, seolah-olah dia ngomong “Nih Aku kasih mobil””
Kami: “Ahaha”
Arif: “Di Jakarta dimananya?”
Eja: “Di Manggarai”
Arif: “Kalo saya kadang-kadang di Depok”
Purna: “Saya di Depok mas, di deket UI”
Arif: ”Kalo ke stasiun Citayam atau Bogor, trus ada yang ngamen, bisa jadi itu temen-temen saya. Saya juga sering ngamen di situ. Kalo misalnya lagi bosen di Singosari, saya ke Jakarta terus ngekos, ngamen”

Mas Arif


Terus dia nanya hal yang sama ke rombongan dari Jogja yang bareng gua. Dia ramah banget. Dan seakan-akan tau banget daerah Jogja.

Jeepnya terus jalan. PB sering kesakitan gara-gara dia nyender besi pegangan, ngadep depan jadinya kepentok-pentok setiap ada jalan yang rusak. Mas Arif masih gelantungan. Kanan kiri banyak bukit-bukit mini yang hijau. Sekali-sekali ada rumah kecil, jaraknya jauh-jauh.

Siiingggg pemandangan di kiri bener-bener bikin mangap, seolah-olah ada komando semuanya nengok. Pujian buat Yang Di Atas ngalir terus dari mulut gua. Parah banget, parah. Bukit hijau besar yang di bawahnya ada tanah yang bener-bener lapang. Kayak di film-film perang macem LOTD gitu.
“Itu bromo” kata mas Arif. Semuanya pingin berenti, berenti sebentar buat foto-foto. Eja bilang ke supirnya. Kata supirnya ntar aja keatas sedikit kalo mau berenti.

Dan bener aja, jeepnya berenti di spot yang bener-bener bagus. Semuanya turun, foto-foto. Mas Arif nawarin diri buat moto-in.


Hasil fotonya juga lumayan, pasti bukan orang sembarangan.

Jeep kami

Habis itu kita ngelanjutin perjalanan.

Rumah-rumah keliatan makin padat, kayaknya sih bentar lagi nyampe. Kami ngeliat tanah kayak lapangan luas banget. Jeepkami jalan menanjak di samping lapangan itu. Terus ada yang bilang “Kita uda di Ranupani”. Ternyata lapangan yang kami liat itu adalah danau, danau yang ditutupin sama tumbuhan-tumbuhan air. Bagian yang ga ketutupan air keliatan cuma kayak becekan di lapangan.

Jeep kami berenti di sebelah tempat pendaftaran ulang. Udaranya dingin, anginn berhembus seakan meniup-niup kami, seger. Kami semua turun dan langsung ngambil carrier masing-masing. Habis itu kami berempat ngumpul, kami masih bingung mau berangkat kapan, kami masih menduga-duga banget soal waktu perjalanan. Kami juga pingin cepet-cepet balik ke rumah. Mas Arif uda pergi gatau kemana sama temennya.


Cwoj1: “Gimana mas? Jadi berangkat sekarang?”
Kami: “Masih bingung nih mas”
Cwoj1: “Itu di buku pendaftaran ada rombongan dari Jakarta, temennya ya?” *Kami emang cerita kalo ada temen yang naik duluan”
Kami: “3 orang mas?”
Cwoj1: “9 orang tulisannya, mungkin gabung sama kelompok lain”
Kami: “Iya kayaknya temen” *kami ngecek namanya*
Cwoj1: “Yauda ya mas, kami berangkat duluan”
Kami: “Oke mas, ati-ati ya”

Gua agak kaget, si “Cowok Jogja 2” nenteng tas tenda. Ga ditaro di carrier. “Apa ga berat ya ntar di jalan?” pikir gua.

Masih belom bulat keputusannya, kami pun kembali berdiskusi.

No comments:

Post a Comment