Thursday, August 12, 2010

Batas Sahur, Imsak atau Subuh?

Tulisan ini sebenernya adalah sudut pandang gua terhadap apa yang dinamai “waktu imsak

Setelah gua googling beberapa lama tentang arti puasa, gua bisa menarik kesimpulan “Puasa adalah menahan makan dan minum serta menahan diri dari nafsu, dari waktu Fajar sampai terbenamnya matahari”

Di sini masalahnya adalah kapan itu waktu fajar?
Ya, perbedaan emang biasa,,
gua sempet search juga dan keanyakan bilang kalo Fajar itu waktu Subuh itu sendiri, makanya Shalat Subuh juga sering disebut shalat fajar,,

Terus Imsak itu apa?
Menurut gua pribadi sih itu awalnya cuma media buat ngingetin kalo adzan Subuh uda deket, terus lama2 orang jadi ngira kalo Imsak lah batas sahur itu sendiri,,

Yang bikin gua semakin yakin adalah bahwa ga di semua negara punya waktu Imsak,, ada juga yang waktunya laen,,
Contohnya kalo di Indonesia waktu Imsak itu 10 menit sebelum adzan Subuh, tapi di Turki sekitar 15 menit sebelum adzan Subuh,,
Sekali lagi, “perbedaan itu biasa”

Dan yang menarik adalah kata kakak gua “Imsak itu budaya khas melayu, dibuat untuk orang2 yang ga bisa berhenti mendadak pas makan, dan harus melakukan perlambatan” :D

Ya gua sih setuju2 aja selama ga jauh2 menyimpangnya
Jika salah, mohon maaf Saya tidak lebih dari seorang pelajar labil yang ingin berbagi apa yang ada di pikirannya.

Demikian.

No comments:

Post a Comment